Sunday, March 9, 2014

Mengenal Kristen Ortodoks Syiria: Ajaran Kristen Dengan Ritual Salat, Puasa Dan Haji

Beberapa waktu belakangan ini, ramai tersebar di seputar dunia maya sebuah gerakan dari ajaran Kristen Ortodoks Syiria. Varian (sekte) dari agama Kristen ini dari tampilan luarnya mirip dengan tampilan luar kaum muslim. Yang pria berpeci, yang wanita berjilbab. Bahkan, ada beberapa ibadah mereka yang persis dengan ibadah umat Islam. Seperti shalat, puasa dan mereka pun berhaji, meski tata caranya tidak sama. Ajaran ini bukanlah ajaran agama baru, dan yang gerakannya baru terjadi belakangan ini. Seperti apa sesungguhnya Kristen Ortodoks Syiria itu, yang dalam agama kristen sendiri mereka sebut sekte Kanisah Ortodoks Syiria?

Sejarah menyebutkan, paham ortodoks lahir dari perselisihan antara Gereja Alexandria, Gereja Roma, dan Kaisar Konstantin. Puncaknya, pada masa Kaisar Bizantium Marqilanus (450-458 M) seabad lebih sebelum Nabi Muhammad lahir di Mekkah (571). Kala itu, tepatnya pada tahun 451, diadakan Majma Khalkaduniyah (Konsili Kalkedonia) dalam hal ketuhanan. Buntut dari konsili ini menimbulkan perpecahan di antara gereja-gereja yang sulit disatukan kembali.

Nah, rupanya, sejak inilah umat Kristen terpecah menjadi dua. Di satu pihak berpusat di Roma dan Bizantium, dipimpin Bapa Laon (440-461). Kelompok ini mengakui, al-Masih mempunyai dua sifat: Tuhan dan manusia. Kelompok ini kemudian lebih dikenal dengan Kristen dan Katholik.

Di pihak lain, berpusat di Alexandria dan Antakia di bawah pimpinan Bapa Disqures (444-454 Masehi). Kelompok ini berpegang kuat pada sifat tunggal bagi al-Masih. Mereka tidak setuju dengan aliran Kristen yang mengakui sifat Tuhan sekaligus manusia. Kelompok inilah yang kemudian dikenal dengan kelompok ortodoks. Nama 'ortodoks' dipakai karena berarti: menganut ajaran agama yang dianggap benar, yang asli. Karena itu, penganut ortodoks mencoba untuk hidup secara lurus, sesuai dengan tuntutan awal dari kelahiran agamanya.

Penganut ortodoks sendiri terdiri atas beberapa toifah (komunitas berdasarkan kesamaan kultur, tradisi, bahasa, dan bangsa). Karenanya ada toifah Koptik, Syrian, Armenian, dan Habasah. Sedang 'aqidahnya' sama.

Kanisah Ortodoks Syria (KOS) mengklaim punya bukti sejarah, bahwa Injil yang pertama berbahasa Arab Syria. Menurut mereka, bahwa al-Masih &emdash;kalangan penganut KOS pantang menyebut Nabi Isa as dengan Yesus seperti lazimnya digunakan penganut Kristen Katholik/Protestan, tetapi lebih suka menyebutnya dengan al-Masih atau Sayyidina Isa al-Masih&emdash; berbicara dengan menggunakan bahasa Syria. Injil diterjemahkan ke dalam bahasa Arab pada tahun 643. Hingga sekarang, Injil yang digunakan penganut paham Ortodoks Syria, Irak, Lebanon, dan Mesir, adalah berbahasa Arab. Memang, antara bahasa Syria dan bahasa Arab terdapat kemiripan dan persamaannya.



Awal mula Kristen Ortodoks Syiria di Indonesia




Di Indonesia, KOS mulai diperkenalkan secara resmi oleh Bambang Noorsena, SH. Berdasarkan akte notaris tertanggal 17 September 1997, Bambang mulai memperkenalkan KOS. Sebelumnya, selama 2 tahun (1995-1997), alumnus Fakultas Hukum Universitas Kristen Cipta Wacana Malang ini, keliling ke Timur Tengah &emdash;di antaranya Suriah, Damaskus, Mesir, Yordan, Libanon, Palestina, dan Israel&emdash; untuk mempelajari pola-pola ajaran KOS. Karena di Indonesia belum mempunyai gereja, kerapkali pengajian-pengajian jamaah KOS ini dilakukan di hotel: di Jakarta, Surabaya, maupun Malang. Sebab itu pula keberadaan KOS di Indonesia masih berbentuk lembaga studi dengan nama 'Studia Syriaca Ortodoxia' berpusat di Malang, Jawa Timur.

BERMULA dari keingintahuannya tentang ajaran Kristen yang berwajah oriental, Bambang Noorsena, 34 tahun, menelaah teks Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Ia juga melakukan perjalanan ke beberapa negara Timur Tengah pada 1995-1997. "Saya melacak jejak historis Gereja Anthiokia purba yang dikisahkan dalam Kitab Kisah Para Rasul," katanya kepada Gatra. Pencariannya tidak sia-sia. Bambang menemukan ajaran Kristen Ortodoks yang berpusat di Anthiokia, Syria.

Dalam ajaran Ortodoks itu Bambang Noorsena menemukan jembatan yang bisa menghubungkan antara Kristen dan Islam yang dipeluk mayoritas penduduk Indonesia. Lalu, warga Malang, Jawa Timur, yang tercatat sebagai jemaat Kristen Jawi Wetan itu berguru khusus kepada Mar Ignatius Zaka al Awwal al Uwais yang berkedudukan sebagai Patriark Anthiokia dan seluruh wilayah Timur. Mar Ignatius dikenal juga sebagai Rais al Aliy (Pemimpin Tertinggi) Gereja Ortodoks Syria. "Selama belajar di sana saya menemukan kembali akar kekristenan semitik. Inilah penerus dan pewaris Kristen yang pertama," kata Bambang.

Dalam Kisah Para Rasul disebutkan, sepeninggal Isa, Rasul Petrus bertugas sebagai patriark yang pertama di Anthiokia. Selama tujuh tahun Rasul Petrus menjalani misi sucinya, sebelum bertugas ke Roma. "Sejak saat itu ajaran Kristen mengalami proses Helenisasi, diikuti dengan Westernisasi," ujar Bambang Noorsena menjelaskan.

Pemimpin tertinggi KOS adalah Patriakh, yang sekarang dipegang oleh Patriakh Mar Ignatius Zakka I Iwas di Suriah. Berdasarkan Konstitusi 1991, KOS terdiri atas 20 keuskupan yang tersebar di seluruh dunia. Di bawah uskup ada abuna (pemimpin). KOS di Indonesia belum sampai ke tingkat abuna, karena belum mempunyai gereja. Yang ada, kata Bambang, baru sebatas Syekhul Injil (penginjil). Itu sebabnya, untuk menjadi penganut KOS di Indonesia terlebih dulu dilakukan proses pembaptisan oleh Abuna Abraham Oo Men di Singapura.

Yang menarik, dalam menjalankan ibadah ritualnya, Ortodoks Syria ini menjalankan salat tujuh waktu dalam sehari semalam, dengan menggunakan bahasa Arab. Mereka juga membaca Kitab Injil -dalam bahasa Arab- mirip orang Islam Sedang mengaji Al-Quran.

Diakui oleh Syaikh Efiaim Bar Nabba Bambang Noorsena, pimpinan Gereja Ortodoks Syria, dalam makalah yang disampaikan pada Syiar Injiliyah di Hotel Surabaya, 19 Juni 1998. Salat dalam Kristen sebenarnya mengikuti salat yang berlaku dalam Yahudi, yaitu tiga kali: petang, pagi, dan tengah hari. Dalam bahasa Ibraninya disebut: ‘erev wa boker we tsohorayim. Atau, dalam bahasa Arabnya disebut: Puasa’an wa .subhanda dhuhran. Namun, seperti dimuat Talmud, setelah penghancuran Baitul Maqdis dan eksodus ke Babilonia, ditetapkan satu waktu salat lagi, yaitu jam kesembilan, yang disebut minhah. “Menurut hitungan waktu Yahudi, kira-kira pukul tiga petang. Sejajar dengan waktu asar dalam Islam,” kata Noorseno. Dan, selanjutnya berkembang menjadi tujuh waktu.
Salat-salat mereka adalah salat sa’atul awwal yang dalam istilah gereja Latin disebut laudes (salat subuh), salat .saatut atau hora tertia ( salat duha, sekitar pukul 09.00 pagi), salat sa tu.s .sadis atau hora sexta (setara dengan waktu duhur), salat satut tis’ah atau minah atau hora nona (yang setara dengan asar), salat sa’atul ghurub atau verper (salat magrib), salat nawm, atau virgi/ (sama dengan salat isya), dan salat layl atau salat satar atau copletorium (salat tengah malam yang dalam Islam dikenal dengan nama tahajud.
Namun, diakui Noorseno salat dalam konsep Kristen ini tidak terkait dengan syariah, seperti dalam Islam. “Melainkan lebih berlandaskan pada keinsafan batin,” katanya. Ini, menurut Presbyter Daniel Bambang, dilakukan hukan untuk mencari pahala. Tapi, untuk mengasihi Tuhan. “Karena, yang menyelamatkan manusia bukan karena perbuatan dan amal baik seseorang, melainkan karena kasih dan karunia Allah.”

Setiap salat terdiri dari tiga rakaat (satuan gerakan). Pada rakaat pertama hanya dilakukan qiyam (berdiri). Pada rakaat kedua dilakukan rukuk, dan sujud. Pada saat rukuk dan sujud ini dilakukan gerakan tanda salib. Dan, doa yang digunakan dalam bahasa Arab, Aram, Yunani, dan Ibrani. Lalu dibacakan pujian (qari’ah) yang dikutip dari kitab Mazmur. Pada rakaat ketiga dilakukan pembacaan kanun al imam, semacam pengakuan kepada Tuhan (syahadat) yang dikenal dalam Cereja Ortodoks.
Tak hanya itu, sebelum salat ditunaikan. ada semacam azan, panggilan untuk salat. Dalam panggilan salat ini ada kalimat yang mirip dalam Islam, misalnya hanya alashalah (marilah kita salat). Hayya alassalah bisa/am (marilah kita salat dengan damai). Dan, sebelum acara salat dilakukan, diawali dengan pembacaan Injil.

Kiblat Timur

Pada saat salat, mereka menghadap ke timur, mengikuti tradisi Yesus yang kala itu menghadapkan kiblat salatnya ke Baitul Maqdis, Jerusalem. Namun, karena Jerus;llem hancur, orang-orang Kristen menjadikLm tubuh Jesus sendiri sebagai kiblat. Hanya karena tubuh Jesus kini di surga (istiwa all yaminillah), sesuai dengan Ayat Kejadian: 28, yang menyatakan surga di timur. Salat mereka menghadap ke timur.
Tak hanya itu persamaan dengan Islam. Tenyata mereka juga mengenal haji. Ibadah haji ke Palestina ini termasuk ibadah non-sakramen, seperti juga salat, zakat persepuluhan, serta puasa. Berdasan Kitab Ulangan 16: 16-17 disebutkan hag atau haji dilakukan ke tanah suci Palestina menjelang Pekan Kudus (perayaan Paskah). tiga kali dalam setahun. Dan. sepulangnya, setiap orang Kristen Ortodoks mendapatkan sertifikat dari Patliauk Jerusalem dengan sebutan hadzi (untuk pria) dan hldzina (untuk wanita).


1. Adapun tata cara salatnya dimulai dengan posisi berdiri yang dipimpin oleh seorang imam berpakaian jubah warna hitam. Imam meletakkan kedua tangan di dada, membuat tanda salib, lalu mengucapkan lafaz dalam bahasa Arab: Bismil Abi wal Ibni wa Ruhil Quddus Ilahu Wahid (Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Allah Yang Maha Esa). Jamaah menyambutnya: Amin.
2. Imam melanjutkan berdoa dengan mengangkat kedua tangan dan disahuti oleh jamaah.
3. Setelah membuat tanda salib berikutnya, imam membungkukkan badan seperti posisi ruku, dan mengucapkan: Quddusun Anta, ya Allah (Kuduslah Engkau, ya Allah). Jamaah menyahut dengan menyucikan nama Allah Yang Mahakuasa, Yang Tak Berkematian. Jamaah memohon kasih sayang Allah yang telah disalibkan sebagai ganti umat manusia.
4. Imam berdiri tegak dan menadahkan tangan lagi.
5. Lalu imam bersujud, dan diikuti seluruh jamaah. Ketika bangun dari sujud, imam membaca Subhanaka Allahumma (Mahasuci Engkau, ya Allah), jamaah menyahut bersamaan. Sambil menadahkan tangan, imam dan jamaah membaca Doa Rabbaniyah (Doa Bapa Kami versi bahasa Arab).
6. Selanjutnya dibaca Salam Walidatullah (atawa Salam Maria).
7. Imam kemudian membaca petikan Zabur (alias Mazmur dalam bahasa Aramaik), dan salat pun berakhir.

Kini, pengikut ajaran "baru" itu sudah ratusan jumlahnya, terutama di kalangan anak muda terpelajar. Mereka tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang. Untuk menghimpun jamaah, Bambang Noorsena membentuk Yayasan Kanisah Ortodoks Syria. Peresmiannya diselenggarakan di Hotel Milenium di Jakarta, Barnabas Suebu (mantan Gubernur Irian Jaya) duduk sebagai ketua umum yayasan. Sedangkan Dr. Anton Lesiangi (tokoh teras di Kosgoro) sebagai sekretaris umum. Mereka memang masih belum mempunyai gereja sendiri, karena masih menunggu sang imam yang bakal ditasbihkan di Syria.

Meskipun demikian, sejauh ini yayasan tersebut belum tercatat dalam komunitas Kristen di Indonesia. Hal itu dikemukakan oleh Jan Kawatu, Direktur Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Protestan, Departemen Agama, kepada Gatra.

Selama ini, menurut Jan, untuk mengontrol lahirnya yayasan dari aliran-aliran keagamaan di lingkungan Kristen Protestan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang disampaikan kepada para notaris, agar mereka tidak mengesahkan berdirinya sebuah yayasan atau lembaga kristen sebelum mendapat izin resmi dari Direktur Bimas Kristen. "Izin itu kan perlu untuk mengetahui siapa mereka, apa tujuannya, dan macam apa alirannya," kata Jan. Selain itu, menurut Jan, Bimas Kristen Protestan sudah menutup pintu bagi aliran baru. "Tidak ada lagi izin bagi aliran baru," kata Jan menegaskan.

Pelajaran apa yang bisa kita petik, kaum muslimin dengan adanya gerakan ajaran kristen yang mirip Islam ini? Bahwa, apa yang tampak sama dari luar belum tentu sama dengan yang didalam. Selama kita masih bisa berpegang teguh pada ajaran Al-quran dan Hadist, insyaallah kita tidak akan terpengaruh dengan berbagai ajaran/sekte yang menyerupai Islam. Bukankah Allah sendiri telah berjanji, bahwa keaslian Al-Quran akan terjaga hingga akhir zaman? Sepintar apapun orang non muslim meniru ayat-ayat Al-Quran, dan semirip apapun orang non muslim beribadah menurut syariat islam, selama keimanan kita tetap mengacu pada Al-Quran dan Hadist, Islam akan tetap terjaga.

Sumber : http://jurnalis.wordpress.com/1998/10/03/gereja-dengan-haji-dan-salat/
             : http://kristenkritis.blogspot.com/2011/01/sekte-kristen-kanisakh-ortodoks-syria.html

211 komentar:

  1. Replies
    1. Lebih mantap mbah gugel

      Delete
    2. Ikuti aja ajaran yang dibawa Baginda Nabi Muhammad SAW, ajaran tersebutt Sudah Jelas Sesat Menyesatkan

      Delete
  2. Siapa yg meniru siapa? Bukankah kanisah orthodok Syria sdh ada 100thn sebelum nabi Muhammad labor

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenry ini bukan meniru islam, islam jg tdk meniru ini. krena islam punya ajaran sendri dlm al-quran dan kristen ortdox punya ajaran sndri juga di kitabnya. tinggal kitab mana yg asli, dan kaum mana yg berani mengubah kitabnya?

      Delete
    2. Sudah jelas ortodoks yg meniru...diliat dari bacaan nyaa...
      Pake alfatihah yg di tambah2.. surat-surat qur'an lain yg di tambah2...
      Cara sholat nya =)
      lebih cermat dikit yah =)

      Delete
    3. Lah masak yg tua meniru yg muda khan nggak masuk di akal.

      Delete
    4. kalau hnya mencari - cari pembenaran, dari sejarahnya sdh trliat , yg lbih dulu apa dgn ritual keagamaannya... ?? hal ini tidak ada istilahny klaim dan tidak ada 1 pun yg diubah ubah...

      Delete
    5. Bukan siapa meniru siapa...jika memang ini ada 100 tahun sebelum kelahiran nabi muhammad...pada zaman Nabi Muhammad disempurnakanlah Islam ini atas perintah Allah...24 Rasul sebelumnya islam dan menyembah Allah dengan cara ibadah berbeda dan dizaman Nabi Muhammad lah disempurnakannya ibadah2 wajib seperti solat 5 waktu setelah peristiwa Isra miraj dan lain sebagainya...

      Delete
    6. Intinya nabi muhammad saw(islam) menyempurnakan ajaran nabi2 terdahulu termasuk nabi isa as. Jadi islam itu ajaran yg telah disempurnakan dari nabi2 yg terdahulu dan nabi muhammad saw bukan bawa agama/aliran baru.buktinya yg pertama tau tanda2 kenabian pd nabi muhammad adalah seorang pendeta.

      Delete
    7. Intinya nabi muhammad saw(islam) menyempurnakan ajaran nabi2 terdahulu termasuk nabi isa as. Jadi islam itu ajaran yg telah disempurnakan dari nabi2 yg terdahulu dan nabi muhammad saw bukan bawa agama/aliran baru.buktinya yg pertama tau tanda2 kenabian pd nabi muhammad adalah seorang pendeta.

      Delete
    8. Islam itu penyempurnaan, setelah injil. Al_Quran datang terakhir setelah injil

      Delete
    9. secara logika yang asli adalah yg duluan (terdahulu),dan yang meniru adalah yang belakangan.

      Delete
    10. @KIKI....Bagaimana mungkin injil bisa disempurnakan,sementara Islam mengakui bahwa Zabur,injil dan lain adalah yang diturunkan Allah.Apakah Allah menurunkan beberapa kitab suci terdahulu dalam kondisi tidak sempurna???Bisakah Allah tidak sempurna melaksanakan keinginannya???kecuali kitab2 umat Kristen tidak diakui oleh Islam.

      Delete
    11. @dicky
      Seperti yg kita ketahui, tiap2 umat dari Rasul Allah itu kebutuhannya dan sifatnya pasti berbeda2. Maka dari itu Allah menyiptakan Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur'an yg sebagaimana di sesuaikan dg sifat dan kebutuhan umat pd masa itu. Umat Nabi Muhammad adalah umat terakhir, maka dari itu Al-Qur'an adalah penyempurnaan dari kitab2 sebelumnya. Mengapa kita tdk menggunakan Zabur atau Taurat atau Injil? Karena masa nya telah berbeda. Bukan-nya Allah tdk menciptakan kitab suci tdk sempurna ataupun Allah tdk sempurna melaksanakan keinginannya. Ingat, Allah itu Maha Sempurna. Kalau Allah maunya gitu ya bakalan kejadian. Kun fayakuun gitu loh. Gk mungkin Allah itu nggk sempurna.

      Delete
    12. Tdk perlu dipersoalkan siapa yg duluan dan siapa yg meniru. Jelas fakta sejarah bhw Kristen sdh ada di zaman Muhammad. Bahkan jauh seblm Muhammad lahir, Kristen sdh ada di Arab, Suriah, Iraq, Palestina dan Mesir. Dlm sejarah Kristen mereka itu disebut Gereja Orthodox Timur. Sejak tahun 400 an Masehi memisahkan diri dari Kepemimpinan Gereja di Bizantium. Tapi jauh seblm thn 400 an mereka sdh ada di sana.

      Justru kita hrs menyadari bhw sesungguhnya kita ini banyak persamaan. Kita menyembah TUHAN yg sama. Tapi dgn cara dan petunjuk wahyu yg berbeda-beda. Baik Yahudi, Kristen, dan Islam adalah umat yg menyembah TUHAN yg sama. Mari kita jaga hubungan baik di antara kita tanpa hrs mempersalahkan org lain.

      Delete
    13. Wahai anda yg bepegang dg salib dan gereja.. mengapa anda menganggap al masih itu tuhan? Dinegara mana al masih lahir? Pada hari apa bulan apa dan tahun brp al masih lahir?

      Delete
    14. Yesus sendiri menyatakan keTuhananNya..dan Dia juga menunjukan bukti2nya...Dia berkata DIa sudah ada sebelum Abraham ada..Dia menunjukan bukti keAllahanNYa, dalam kitab kejadian awal mula kehidupan tertulis dalam ALkitab Yesus sudah ada, Dia mengampuni dosa, tidak berbuat dosa, membangkitkan orang mati dll mujizat yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia berdosa..Dia terangkat ke Surga disaksikan oleh banyak orang ketika itu dan Dia berjanji mencurahkan RohNya dan telah terjadi, hal itu ketika itu kepada rasul2 sebelum mereka memberitakan Injil ke seluruh dunia..dan kemudian kepada umat yang percaya..

      Delete
  3. Replies
    1. Apakah Yesus pemeluk Islam? Apakah syarat menjadi pemeluk Islam?

      Delete
    2. yesus/isa al masih bukan pemeluk islam. islam itu ada saat nabi Muhammad mendapat wahyu pertama kali. syarat menjadi islam, ya mengucapkan dua kalimat sajadah

      Delete
    3. @kazekate, tengkyu artikelnya, menambah wawasan

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Mengucap dua kalimat syahadat kali broo.. Sajadah mah buat sholat . Lol

      Delete
    6. ntar ada budha sholat juga kali ya

      Delete
  4. Bentingi anak2 generasi muda dg banyak istigfar kususnya orangtua hrs lbh mawas diri terhdp anak2nya. Krn diakhir zaman akan byk bermunculan agama atau aliran yg menyeseatkan. Perpegang teguhlah terhdp ahlisunnah wal jamah

    ReplyDelete
  5. ajaran kristen hanya diperuntukan kepada kaum bani israil, dan periode itu sudah disempurkan oleh islam, sebagai agama rahmatan lilalamin



    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaco aja si Zahlul Amri. Dulu sewaktu Yesus hidup memang dia datang untuk Bani Israil tetapi byk Bani israil menolak, malahan bangsa samaria mau menerima Yesus

      Delete
    2. Setuju sama Pak Zebua.... Sahaulagele

      Delete
  6. Kalau tidak mengerti bisa salah presepsi,

    ReplyDelete
  7. maaf, permisi numpang link.

    http://www.detexsi.com/2015/02/sunnah-rasulullah-dalam-kehidupan.html

    ReplyDelete
  8. Ini mah ane udah tau, iya memang kan kristen awal muncul di negeri timur tengah, orang prasati pertama kaum kristen ajah bahasa arab kok, tapi bukan berarti kristen memiripkan diri dg islam dalam hal shalat, ya memang dari dulu sebelum muhammad muncul pun orang kristen timur tengah ibadahnya seperti itu,. Kan kristen lebih dulu ada ketimbang islam, kok bisa kristen yg niru2 cara ibadahnya itu pendapat g logis. Pelajari dulu sejarah baru bisa komentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelajari sejarah?? lah sholat kristen ortodoks syiria itu diperaktekan tahun berapa? ada litelaturnya? saat mereka sujud diniatkan dan ditujukan kepada bapa,roh kudus,dan isa gak? ada literaturnya?, lo juga asbun klo ga bisa kasih literatur yang jelas tentang umat siapa yang pertamakali meletakan niat sujudnya hanya untuk Tuhan Allah

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Masalahnya ada penganut agama tertentu yg tidak mau jujur atas kehadiran Nabi Muhammad dan Kitab Terakhir Alquran yg berfungsi untuk meluruskan semua prilaku berbakti kepada Tuhan/Allah. Bukan soal siapa atau apa yg duluan/awal dan belakangan/akhir.

      Delete
    4. It's okay to claim that your religion is the right one. Every followers of certain religion can do that.

      Delete
    5. Allah menurunkan nabi Muhammad kedunia karena untuk membenarkan Dan mengingatkan kepada semua manusia bahwa hanya Allah yg pantas manusia sembah bukan patung yg dibuat oleh mereka sendiri yg mereka sembah hewan aja tau siapa yg harus mereka sembah kenapa manusia yg sudah jelas jelas tau klw tuhan itu hanya satu yaitu Allah malah membuat patung untuk disembah sendiri.....

      Delete
  9. islam lahir di dunia ketika nabi adam turun kebumi,,dan sluruh nabi bragama islam gan,,dan nabi mohammad saw adlah nabi yg mluruskan ajaran islam yg sbenarnya,,siapa yg blang kalo kristen lhir sbelum islam?
    nabi isa as sja tuhan'y hanya ALLAH SWT,,sosok tuhan tidk mmpunyai ibu,,
    dri pada kita smbah nabi isa nya mnsing yg di sembah ibu nya aja,,
    logika kan,,
    seberapa besar angin dan ombak tak akan bisa mnghancurkan agama ISLAM,,
    (ISLAM agamaku,, Allah SWT tuhanku,, mohammad SAW nabi dan al quran kitabku)
    ya Allah, lindungilah umatmu,,
    amin ya rabbal alamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Logika anda ngawur, hanya berdasarkan persepsi pribadi.

      Delete
    2. Udah ngikut penjelasannya DR.Zakir Naik,sok tau pulaaaaaaaaaaaa hadehhhhhh. Begini ya adeekkkk yanngg belum paham.... Semua nabi dari nabi Adam A.S sampai nabi Isa A.S itu agamanya Tauhid karena zaman mereka belum ada shalat 5 waktu,meskipun begitu mereka tetap shalat sunnah seperti shalat malam,shalat dhuha,dll. Nah hanya pada zaman Nabi Muhammad SAW lah Islam baru ada,seperti diwajibkannya shalat 5 waktu.... Kenapa ada shalat 5 waktu? Karena ada peristiwa Miraj dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan ke Sidratul Muntahar (langit ke -7) untuk bertemu dengan Allah SWT,dan disitulah Nabi Muhammad SAW diberi mandat oleh Allah SWT untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Sedangkan untuk peristiwa Isra itu perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Karena kedua peristiwa tersebut terjadi secara bersamaan yaitu hanya satu malam,maka muncullah peristiwa Isra Miraj. Banyak banyaklah membaca sebelum comment,sehingga tidak jadi bahan pembullyan

      Delete
  10. Ajaran yg realistis hanyalah kristen bukan islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Anda sebutkan bagaimana ajaran kristen 'Hanya' agama yg realistis??

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Realistis yang seperti apa?
      bisa tolong dijelaskan..?

      Delete
  11. Ajaran yg realistis hanyalah kristen bukan islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. kristen yg mana, protestan, katholik, ortodox, anglikan, advent, pantekosta, kan ada banyak dan beda2 ajaran tuh?

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. di kitab terdahulu zabur,taurat,injil udah di jelasin bahwa nanti akan ada kitab baru yg akan menyempurnakan isi kitab yg sudah ada sebelumnya yaitu AL-QUR'AN dan akan ada nabi terakhir yg menyempurnakan islam yaitu nabi Muhammad S.A.W,di Al-qur'an juga di kasih tau kitab injil yg asli di sembunyikan oleh pimpinan umat bani israel dan romawi,harusnya jika semua umat memakai kitab yg asli pasti akan tau bahwa akan ada nabi terakhir yg akan menyempurnakan islam yaitu Nabi Muhammad S.A.W dan akan ada kitab yg menyempurnakan kitab yg sudah ada sebelumnya yaitu kitab Al-qur'an,dan kitab injil yg sekarang bukanlah kitab asli melainkan kitab yg sudah di revisi,Agamaku Agamaku,Agamamu Agamamu,dan maaf buat non muslim bukan maksud mencela agama kalian karena sesungguhnya di islam kami tak di ajarkan mencela agama lain,tapi kami di ajarkan untuk mengingatkan sesama makhluk ciptaan ALLAH S.W.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong mas bisa kasih referensi ayatnya di kitab zabur,taurat,injil tentang nubuat alquran dan muhamad?

      Delete
    2. tolong mas bisa kasih referensi ayatnya di kitab zabur,taurat,injil tentang nubuat alquran dan muhamad?

      Delete
  14. Coba buka penjelasan dari Dr. Zakir Naik di youtube ttg itu semua, mungkin dapat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zakir naik itu bnyk ngaconya,memaksakan nubuatan Roh Kudus utk mohamad,sy dah ikuti semua ocehannya zn di youtube,lelucon yg gak mutu,emang dia apal alkitab tp gak ngarti tujuannya,sy jg dah pny bnyk bukti bhwa ada bnyk ayat" dlm qur'an yg merupakan cerita" yahudi dan kitab 2 ester ,ttg ibrahim yg gak bisa terbakar oleh api itu salah menerjemahkan aja,makanya belajar sejarah yg sejaman dng kekristenan

      Delete
    2. kira2 nabi muhammad bisa tau cerita2 itu dari mana??

      sedangkan rasululullah seorang yang tidak dapat membaca

      islam agama terakhir dari allah penyempurna agama sebelumnya,siapa yang menurunkan kitab,pasti dialah yang menyampaikan Informasi tersebut,yaitu allah

      secara tidak langsung anda sdh membenarkan isi alquran

      Delete
    3. zakir naik mengahapal kitab injil,man

      sedangkan orang yang membaca buku ajah,bisa paham maksud dan tujuannya apalagi menghapal,mengahapal itu butuh penghayatan,keseriusan dan pemahaman

      saran, coba deh pelajari Alkitab,sendiri tanpa mendengarkan orang2 gereja

      pasti anda setuju dengn zakir naik

      Delete
  15. Islam doang lah yg paling bener. planet aja tunduk sama islam ye gak? bukti islam itu bener2 terbukti di jepang, ilmuwan jepang kagum setelah meneliti air yg tadinya tidak di bacakan bismillah itu biasa saja, tapi setelah di bacakan bismillah di mikroskopin ada lafadz allah broo islam emezingggg udh banyak bukti brooooo!

    ReplyDelete
  16. Yg lebih mirip itu "shalat"nya org2 penganut yudaism: menghadap Yerusalem yg hanya beberapa derajat dr Mekah, adzan jg, bersuci juga, yg jelas menyembah Tuhan yg sama seperti umat islam, 5x jg tp dg jumlah rakaat yg hampir sama (2,4,4,3,1) dg islam (2,4,4,3,4). Tp shalat yahudi jauh lebih panjang durasinya.

    ReplyDelete
  17. Innaddina indallahil islam.
    Ketika kristen menganggap nabi isa as/yesus itu sbagai Tuhan,mengapa tidak skalian menganggap Maria aja sbgai Tuhan?beliau itu kan ibu kandung dr nabi isa as/yesus.trus klo bicara ttg lahirnya yesus karna mukjizat tanpa ayah,knp tdk skalian menganggap nabi adam sbagai Tuhan.karna beliau diciptakan dr tanah dan tdk dilahirkan dr seorang ibu seperti yesus.
    #pakeotak#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg ini sangat ilmiah dan logika, setuju bgt,kitab itu tuntunan yg jg mengajak kita berfikir

      Delete
    2. Katanya Tuhan maha kuasa, trus Tuhan datang ke dunia dengan wujud manusia kenapa gak bisa percaya? Simple as that, he3... #pakeiman#

      Delete
  18. Menurut Hadist Agama Nabi isa dulu itu adalah Hanif Agama Yg di anut oleh nabi ibrahim a.s,dan agama islam telah sempurna di saat nabi muhammad saw mnjelang wafat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mau tahu sejarah(kisah hidup) Isa ya di Alkitab,nie tak kasih tahu ya,lnjil tidak diturunkan spt alquran,jng salah.
      Ttg Trinitas sebenarnya gak sulit utk dipahami,tergantung anda" mau belajar gak,klo gak mau belajar ya kyk zakir naik itu yg pd habis padahal hny kyk tong kosong nyaring bunyinya

      Delete
  19. silahkan mampir juga di blog khusus wisata ini ya

    http://warungwisata.com/

    ReplyDelete
  20. saling menghargai antar umat lebih baik kayaknya sambil belajar mana yg benar di hati nurani

    ReplyDelete
  21. saling menghargai antar umat lebih baik kayaknya sambil belajar mana yg benar di hati nurani

    ReplyDelete
  22. tetap berpegang teguh pada kalimat syahadat. ALLAHUAKBAR!!!!

    ReplyDelete
  23. islam tdak menyalahkan ajaran itu, dulu pun nabi muhamad sebelum ada perintah sholat, beliau sudah sholat karena itu ajaran para nabi dankiblatnya k baitul maqdis sama seperti yahudi, nasrani, bahka umat islam pun pernah permah berkiblat k baitul maqdis seblm ada perintah menghadap k kabah,,,,kalaw begit u KOS ajaran asli nabi isa as, berarti KOS adalah ahli kitab yangdalam kitab nya sdah jelas akan datang nabi akhir jaman yang membawa ajaran penyempurna ajaran2n sebelumnya dan akan turun kitab alquran penyempurna kitab kitab sebelumnya, dalm alquran terdapat apa yang ada d injil, zabul, taurat, dan mushap para nabi,,,,maka berimanlah /percayalah akan adanya nabi dan kitab penyempurna, kalau ahli kitab/ yang mewarisi kitab alloh asli pasti tahu betul akan kejadian seperti itu,,,,namun dalam alquran d ceritakan para ahli kitab ada yang beriman dan ada pula yang menyembunyikan fakta yang sdah ada seperti kitab ceritakan karena apa? karena nabi muhammad bkan dari golongan mereka/ israel seperti nabi2 terdahulu yang lahir dari gol israel, akhirnya ada ahli kitab yang tahu tapi menyembunyikannya dari umatnya atau beriman tp sebenarnya tdak beriman (munafik) wallahu ’alam/ hanya ALlah yang tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nabi akhir jaman?lalu imam mahdi?hakim yg adil?

      Delete
    2. nabi akhir jaman?lalu imam mahdi?hakim yg adil?

      Delete
  24. satu lagi islam adalah islam, islam sdah seperangkat aqidah dan syariat nya tdak sama dgn agama lain atw d samakan....tdak ada nasrani berbau islam atw budha berbau islam, ataw tdak ada islam berbau kristen atau islam berbau hindu....kalau ingin tau lebih jauh silahkan PELAJARI alquran di dalamnya d terangkn tentang hakikat agama kristen, yahudi bahkan majusi (menyembah benda), pasti akan ada jawaban.....
    smoga Alloh memberikan jalan yg lurus pada siapa saja yg berkomen d blog ini, amin

    ReplyDelete
  25. Ane pikir nanti aja kalau sdh pada meninggal alias mati baru pada tau.. yang masuk surga itulah yang benar, dan kalau pada masuk yang satunya (neraka) itulah yang salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat itu datang ente akan menyesal...!!!

      Delete
    2. Saat itu datang ente akan menyesal...!!!

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. 1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
      2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
      3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
      4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia


      Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). Al-Baqarah Ayat 165

      Katakanlah: "Dialah Allah Yang Maha Penyayang kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah kami bertawakkal. Kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata". Al-Mulk-29

      Delete
  26. Yang jelas, agama yang paling benar dan tepat ajarannya adalah Islam, karena Islam menyembah kepada Tuhan yang sebenarnya dan Al-Qur'an pun merupakan wahyu Allah yang dikirim lewat malaikat Jibril dan diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Jadi Islam adalah agama yang paling mulia dan tinggi derajatnya.

    ReplyDelete
  27. Sok pelaku sejarah" memang hidup di masa lampau? semua didapat dari buku. Buku dibuat manusia yg ada rekayasa. Mending perdalam keyakinan,hindari merugikan dengan sesama mahluk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho berarti anda atheis ya?..klo atheis pasti berpikir seperti itu..

      Delete
  28. Andai Yesus itu Tuhan
    Tapi kok lahir dari rahim seorang ibu ya...
    (pasti jwbnya itu oknum manusianya)
    Katanya yg awal dan akhir..!! Gak da buktinya to..!??
    waktu naik ke surga,
    Katanya Yesus duduk di sisi Yang Maha Besar. !!
    Brrti ada yg lebih besar dari Yesus dong ya..!??
    Katanya Yesus itu Tuhan, kok "menyesal..??"
    (lihat alkitab)
    Yang pasti dan masuk akal pun logika manusia, Yesus yang andai itu Isa, pasti dia manusia pilihan sang pencipta yg dijadikan nabi/rasul atau utusan untuk seluruh umat manusia...
    Saranku buat yg penganut alkitab;
    1. jangan terlalu dalam saat memahami al kitab.
    karena anda saya jamin 100% anda akan gundah segundah gundahnya. Anda akan semakin ragu seragu ragunya akan isi al kitab.
    Alhasil alkitab akan anda masukkan lemari lalu kunci rapat rapat,anak kunci dibuang ke sungai...!
    Nahhh..., repot ini urusanya kan....
    2. jangan anda bandingkan isi al kitab dengan isi Al qur'an...! Sy hawatir anda pindah haluan llu mengimani Al qur'an...! Nah repot kan urusanya klo anda jd mualaf...!?? Krn dunia adalah penjara bg muslim...!! Bermualaf brrti harus menghindari kesenangan dunia. Anda rugi to gak bisa senang senang sesenang senangnya di dunia lg...!??
    Tp semua ada di tangan anda sendiri kesimpulanya kok ...
    mf sy terlalu lancang berkomen
    pdhal sy sendiri masih sangat minim ilmu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf . . untuk suatu yang haq . . tak mungkin takut akan adanya suatu kebathilan . . .
      Kesenangan dunia hanyalah sesaat . . .
      Kita mati pun tak tahu kapan . . .
      Kebahagiaan haqiqi kelak di akherat nanti . . .
      Maka di dunia ini bukan semata2 hanya untuk bersenang2 . . .
      Melainkan mengumpulkan bekal apa yang akan kita bawa untukkelak kita akan mnjalaninya di akherat nanti . . .
      لكم دينكم ولى دين

      Delete
    2. jangan menghina atau merendahkan Nabi Isa, ingat siapa yang akhirnya akan menjadi hakim di akhir jaman

      Delete
    3. Bung wimpie,sy gak nyesel kok,tp semakin dicerahkan oleh kebenaran Alkitab,justru anda yg akan menyesal,jd mualaf.? Gak akan lah .yg anda ketahui ttg kekristenan hny kulitnya aja,alkitab gak ada bedanya dr dulu,mau bukti? Masih ada .Datang aja ke rumah bpk bambang noorsena di malang,beliau pny bukti ke aslian alkitab,dari zaman sblm Isa smp yg sekarang gak ada bedanya,blm bnyk yg tahu ttg itu

      Delete
    4. @Anak Tuhan jogja
      setuju Bpk.Bambang Noorsena banyak referensi, kaya data dan sejarah. monggo bisa dilihat di youtube juga udah banyak

      Delete
    5. @Anak Tuhan jogja
      setuju Bpk.Bambang Noorsena banyak referensi, kaya data dan sejarah. monggo bisa dilihat di youtube juga udah banyak

      Delete
  29. @wempie : Gue suka gaya loh..! Komen anda mantap!

    ReplyDelete
  30. Bukti adanya estafet pengajaran Tuhan pada manusia, ... tinggal mau pake yg genuine atau yg comot sana comot sini :)

    ReplyDelete
  31. Bukti adanya estafet pengajaran Tuhan pada manusia, ... tinggal mau pake yg genuine atau yg comot sana comot sini :)

    ReplyDelete
  32. terima kasih untuk semua yang sudah mampir ke blog saya ini

    ReplyDelete
  33. Segala puji hanya milik Alloh, Penguasa alam semesta raya dan segala alam. Itulah bukti agama yang lurus (hanif). Semua nabi Alloh as sejak ibrahim as wudhu, sholat, puasa, zakat (10%), sesuai cara masing2. Bersujud dengan berserah diri dan mumuji Tuhan adalah adab sopan santun terbaik ketika menghadap Dia

    ReplyDelete
  34. Hoooaahhheemmm.... Nyammm..nyammm...nyammmm.... ZzZzZzZz.......

    ReplyDelete
  35. Oooallaah...
    Njlekethek...
    Koyo kethek...
    Kecepet kelek...
    Ora iso melek...
    Zzzzzzzzzzxz.....

    ReplyDelete
  36. Ini bukan siapa meniru siapa. Melainkan Membuktikan secaraa Empiris Bahwa Semua Nabi Mulai dari Jaman Nabi Adam adalah Para Pembawa pesan Risalah/wahyu dari Tuhan yang sama, Tuhan Maha Esa yng mengajarkan Menyembah nya. melakukan Shalat, berpuasa, berzakat dan berhaji, 5 intisari tersebut sudah di leterasikan dari jaman Nabi Adam. hanya memang manusianya yang semakin melupakan dan kemudian setelah kecenderungan untuk memamah biak lahirlah dan diciptakan kreasi2 Peribadatan termasuk kreasi berketuhanan oleh manusia sendiri.
    Artinya Dari Adam hingga Nabi Yesus dan Muhammad, adalah seorang Muslim. https://www.youtube.com/watch?v=uLjNyvPoaM4

    ReplyDelete
  37. Dari satu....kembali ke satu lagi.... jadilah nol....

    ReplyDelete
  38. Dari satu....kembali ke satu lagi.... jadilah nol....

    ReplyDelete
  39. Bukan siapa meniru siapa...jika memang ini ada 100 tahun sebelum kelahiran nabi muhammad...pada zaman Nabi Muhammad disempurnakanlah Islam ini atas perintah Allah...24 Rasul sebelumnya islam dan menyembah Allah dengan cara ibadah berbeda dan dizaman Nabi Muhammad lah disempurnakannya ibadah2 wajib seperti solat 5 waktu setelah peristiwa Isra miraj dan lain sebagainya...

    ReplyDelete
  40. Biarlah segala yg bernafas memuji Tuhan entah dg cara sholat, bernyanyi, melompat, bertepuk tangan, berdiam, dll. Tuhan itu Esa. Tetaplah dalam iman masing2 kepada Tuhan Sang Pencipta langit dan bumi. Nanti kelak akan nyata bagi kita seperti apakah Tuhan itu. Skrg kita gak mgkn sanggup memahami Tuhan dalam keadaan berdosa. Saya sndri tdk sanggup utk menyelamatkan diri, krn itu saya perlu Penyelamat, yaitu Yesus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf . . knpa tidak sekalian minta sama ayah yesus atau pun ibu yesus . . .
      ia pasti lebih hebat karena yesus adalah anak dan merekalah orangtuanya . . .

      Selain aqidah masih ada toleransi. . . .
      Untuk masalah aqidah bagi kami tidak ada toleransi . . .
      لكم دينكم ولى دين
      Qur'an surat Al-kafirun ayat 6 . . .

      Delete
    2. Saudara falakush,klo anda pingin ngerti ttg tritunggal/trinitas dng cara yg sederhana,ikuti kotbah bambang noorsena di youtube ttg trinitas,itupun klo anda mau melihat iman kristen yg sebenarnya tdk spt yg anda pahami,dan sy yakin anda akan mendapat pencerahan

      Delete
    3. hey bro anak tuhan yogya.dri tdi komen lu nyuruh datang ke orang ga jelas.mksud ente supaya kita masuk agama lu gitu.nauzubilah

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. I surat berapa di tulis muhammad nabi tetakhir dan alquran wahyu yg sempurna

    ReplyDelete
  44. Isa Menurut Alquran dan Hadist >>>>
    1. Isa lahir dari kuasa Roh Allah = QS 21:91
    2. Isa itu Roh Allah dan FirmanNya = Hadis Anas bin Malik hal 72
    3. Isa itu Rasul Allah dan FirmanNya = QS 4:171
    4. Isa itu Jalan Yang Lurus supaya diikuti = QS 43:61 (Bandingkan dgn QS 3:47-51)
    5. Isa memberi pengetahuan tentang Hari Kiamat (QS 43:61) bandingkan dengan QS 31:34
    6. Isa membawa terang supaya diikuti = QS 43:63
    7. Isa diberi mukjizat dan Rohul Kudus = QS 2:253
    8. Isa mengatakan perkataan yang benar = QS 19:24
    9. Isa menyembuhkan orang buta sejak lahir = QS 3:49
    10. Isa menghidupkan orang mati dari kubur = QS 5:110
    11. Isa terkemuka di dunia dan akherat = QS 3:45
    12. Isa adalah satu-satunya Imam Mahdi = Hadis Ibnu Majah
    13. Isa mati dan Dibangkitkan dan naik ke surga = QS 3:55
    14. Isa lahir, mati dan dihidupkan kembali = QS 19:33
    15. Isa akan diimani oleh semua ahli kitab = QS 4:159
    16. Isa itu hakim yang adil pada akhir zaman = Hadis Sahih Muslim no 127, 220, dan Hadist Shahih Bukhari no 1090
    17. Hanya Isa yang dari bayi tidak disentuh setan = Hadis Sahih Bukhari no 1493
    18. Isa langsung berfirman tanpa perantara malaikat = QS 19:29-32
    19. Isa diperkuat oleh Rohul Kudus = QS 2:87
    20. Isa adalah Rahmat dari Allah dan pertanda bagi manusia = QS 19:21
    21. Isa adalah suci = QS 19:19-21
    22. Isa memiliki pengetahuan Ghaib = QS 3:49

     Alquran/Hadis tentang muhammad>>>>
    1. muhammad diracun orang yahudi dan mati = Hadist Sahih Al-Bukhari
    Volume 5, Book 59, Number 713.
    2. muhammad beristrikan anak kecil berusia 6 tahun = Sunan Abu-Dawud Buku 41, Nomer 4915, juga Nomer 4915 and Nomer 4915. Sahih Muslim Buku 008, Nomer 3327:
    3. sebagian besar anak biologis muhamad meninggal dunia
    4. Muhammad hanya diperintahkan menyembah tuhan yang ada di Mekah (QS 27:91)
    5. muhammad hanya pemberi peringatan untuk penduduk Mekah dan sekelilingnya (QS 42:7)
    6. Muhammad tidak tahu keselamatan dirinya dan pengikutnya (QS 46:9)
    7. muhammad berdosa = QS 47:19, 48:1-2, 33:36-38
    8. muhammad ingin menikahi istri anaknya yang masih berstatus istri dari anaknya = QS 33.37
    9. muhammad hanya seorang manusia = QS 18:110
    10. muhammad tidak mengetahui yang ghaib = QS 6:50
    11. muhammad tidak punya kuasa apa pun = QS 10:49, 7:188
    12. muhammad bukan penolong = Qs 17:97, 39:19
    13. muhammad bukan penyelamat =QS 27:92, 46:9, 2:119
    14. muhammad tidak diberikan mujizat = QS 6:37, QS 6:109, QS 29:50
    15. muhammad disuruh bertanya kepada Ahli Kitab jika ragu2 = QS 10:94
    16. muhammad dilarang berbantah dengan Ahli Kitab = QS 29:46
    17. muhammad membunuh
    18. muhammad berfantasi sex di surga =
    Ini apa yang dikatakan oleh Muhammad : “Suatu kali Rasulullah pernah ditanya sahabat tentang hal ini. “Apakah penghuni surga melakukan persetubuhan?” Beliau menjawab, “Ya, dengan penyemburan yang keras, dengan kemaluan yang tidak lemas dan dengan syahwat yang tidak terputus, tetapi tidak keluar air mani sedikitpun, baik dari lelaki atau perempuan. Apabila selesai, perempuan kembali bersih dan kembali perawan.” (HR. Ibnu Hibban)
    19. muhammad pernah ingin bunuh diri
    20. muhammad tidak diberikan bukti bersunat oleh alquran dan hadis
    21. muhammad masih di dalam kubur dan terus didoakan oleh umatnya supaya selamat
    22. muhammad sekarang berada di neraka = Sahih Bukhari Volume 1, Book 12, Number 770

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bodoh disimpan baik baik jangan dipublikasikan kebodohannya ntar malu sendiri

      Delete
    2. Saya sempat cek bbrp ke alquran, eh ternyata ada, cuman mr tarigan sepenggal penggal dan memberi arti seenak perutnya.... astaghfirullah..

      Delete
    3. Itu semua kan faktanya Bapak si Hizkia Tarigan.kasian sekali yah si Tarigan..goblok koq dipelihara.

      Delete
    4. Ada pepatah mengatakan tidak tampak bodohnya seseorang kecuali sudah bercakap cakap............mikiiirrrrr !!!!!!!

      Delete
  45. Bila memang Al-Quran adalah kitabnya Allah, bagaimana saudara menjelaskan tentang ayat-ayat dalam Al-Quran yang disebut dengan ayat setan? Seperti Qs 72:8 "dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api"

    Saudara Haydar mengatakan “mengkaji Al-Quran sama saja dengan mengkaji Tuhan”. Apakah menurut saudara Haydar dalam hal ini Tuhan dan Al-Quran mempunyai kedudukan yang sama?

    Bila saudara Haydar mensejajarkan Tuhan dengan Al-Quran, bukankah sama saja dengan menyekutukan Tuhan dengan ciptaan-Nya.

    ReplyDelete
  46. 1. Sura 72:1-15 adalah salah satu ayat yang merupakan perkataan setan yang terdapat dalam Al-Quran

    2. Umat Muslim percaya bahwa Injil dan Taurat juga merupakan firman Allah. Bila Allah sanggung menjamin kemurnian Al-Quran, apakah Allah juga tidak sanggung menjaga kemurnian Injil dan Taurat?

    Bila memang Injil dan Taurat sudah tidak terjamin kemurniannya, lalu mengapa Allah dalam Al-Quran berfirman bahwa, “Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46)

    Apakah petunjuk dan pengajaran Allah dapat berubah-ubah?

    3. Bagaimana mungkin bisa mencintai Allah hanya dengan mengerti esensi dari Al-Quran, sementara Al-Quran bukanlah seluruhnya perkataan Allah!

    ReplyDelete
  47. Menurut artikel di atas, Al-Quran tidak dapat diuji kebenarannya karena:

    1. Al-Quran tidak dapat diuji karena dalam Al-Quran tidak ada nubuat, kecuali yang berhubungan dengan hari penghakiman.

    2. Umat Muslim diperintahkan untuk mempercayai bahwa benar Muhammad menerima wahyu-wahyu tersebut dari Allah. Tidak pernah ada yang menguji apakah benar firman itu dari Allah, sebab ketika Muhammad menerima "wahyunya" tidak ada saksi mata yang dapat membenarkannya

    Selain itu, Al-Quran berkata, "Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata" (Qs 33:6).

    Ayat di atas secara tidak langsung menjelaskan bahwa dalam Islam tidak ada kebebasan untuk berpikir, terutama tentang "wahyu-wahyu" Muhammad yang terdapat dalam Al-Quran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayat2 dlm quran tentulah bs diuji kebenaranya, untuk lebih mudah bs dilihat terkait petunjuk yg sejalan dengan penemuan science yg sama dgn apa yg disampaikan dlm quran, yg mustahil saat itu nabi muhammad bs mengetahuinya..

      Delete
  48. 1) Kami setuju, Injil memang tidak sederajat dengan Al-Quran. Sebab Al-Quran sendiri mengatakan: “Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” Qs 5:46)

    2) Pada masa Muhammad hidup, Al-Quran belum ada, tetapi masih berbentuk tulisan-tulisan pada: kulit binatang, kulit kayu, dan juga ingatan para penghafal. Setelah beberapa tahun Muhammad mati, lebih tepatnya setelah orang-orang yang menghafal Al-Quran banyak tewas ketika perang, barulah Al-Quran ditulis yang awalnya dalam bentuk naskah.
    Untuk mengetahui asal usul Al-Quran, silakan saudara membaca pada link ini: http://tinyurl.com/6tst4v3 .

    3) Dapatkah saudara memberi contoh perbedaan tulisan yang saudara maksud?

    4) Lihatlah penjelasan kami pada no 1 di atas, masihkah dapat dikatakan bahwa Injil derajatnya sama dengan hadist?

    ReplyDelete
  49. Bila Mesias, Injil, dan Firman-Firman Allah adalah palsu menurut apa yang anda katakan,
    1. Mengapa di dalam Al-Quran dikatakan Mariam akan melahirkan anak yang suci, dapatkah seorang manusia dikatakan suci kecuali Tuhan?
    2. Mengapa di dalam Al-Quran banyak tertulis tentang mujizat yang Isa/Yesus lakukan?

    3. Kepalsuan yang dikatakan Muhammad menjadikan umatnya mengikuti dia tanpa mengetahui dan mencari apa, yang menjadi alasan Muhammad mengatakan Injil adalah palsu.

    4. Apakah Muhammad memberikan bukti siapa, kapan, dan bagaimana Injil dipalsukan? Orang yang menyatakan sesuatu tanpa bukti adalah fitnah dan pasti ada maksud tertentu orang itu melakukan fitnah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap manusia itu lahir dalam keadaan suci (bersih dr dosa), karena didalam setiap diri manusia itu ada Ruh yg suci dan hidup, yaitu Ruh-nya Tuhan, Dia lah yg hidup itu sebenarnya, jasad ini hanya rumah (casing) nya saja yg ditempati oleh 'si Hidup' itu. Hanya manusia2 yg sudah bs mensucikan diri (hati) nya lah yg bs merasakan keberadaan si Ruh yg suci tsb dgn nyata, yg berarti sudah mengenal Tuhan nya (bersaksi/menyaksikan dgn nyata), itulah mksud dr 'barang siapa yg sudah mengenal dirinya, maka akan mengenal Tuhan nya..'

      Delete
  50. Mengapa dari segala nabi hanya Isa saja yang disebut “seorang laki-laki yang suci“ (Qs 19:19)? Mengapa bukan Adam (Qs 7:22, 23)? jelas berdosa dan minta pengampunan.
    Namun, Isa Al-Masih berkuasa mengampuni dosa. “Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia (Isa Al-Masih) berkuasa mengampuni dosa.” (Injil, Rasul Besar Matius 9:6)

    Seperti pernyataan dari kitab saudara, Isa Al-Masih dijadikan oleh Allah "suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami" (Qs 19:21). Rahmat ini sudah datang dan akan datang pula pada hari kiamat untuk memberikan hidup yang kekal kepada mereka yang percaya (Injil, Surat Rasul Besar Yudas 1:21).

    Isa Al-Masih tentu saja disebut suci karena berasal dari Allah, Dia adalah Kalimat Allah dan Roh Allah (Qs 3:39; Qs 4:171)

    ReplyDelete
  51. Untuk mengetahui bagaimana asal-usul Al-Quran ditulis, silakan saudara membaca artikel pada link ini: http://tinyurl.com/6tst4v3.

    Injil hanya ada satu. Injil berarti 'kabar baik.' Injil yang dibawa Isa Al-Masih adalah berita kasih Allah Bapa kepada manusia yang telah berdosa dan terpisah dari Allah. Berita Injil diuraikan oleh empat Penulis yang dekat dengan Isa Al-Masih semasa hidup-Nya. Keempat penulis ini adalah murid-murid Isa Al-Masih.

    Inti dari Injil sendiri adalah penderitaan dan kematian Isa Al-Masih untuk menanggung hukuman dosa manusia. Hukuman yang semestinya ditanggung manusia, telah dibayar oleh-Nya di kayu salib. "Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” (Injil, Surat 2 Korintus 5:21).

    Untuk lebih jelasnya, silakan saudara membaca artikel pada link ini: http://tinyurl.com/cklzmwt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus pelajari Al Qur'an dan hadist bos Hizkia Tarigan dan bandingkan dg Injil...
      Dan jgan ada kesombongan.
      katakan yg *benar* jika itu benar.
      Dan katakan *salah* jika itu salah.
      Selamat berjuang

      Delete
  52. Ratusan buku telah ditulis mengenai bukti-bukti bahwa Alkitab itu wahyu ilahi, dan bukti-bukti ini sangat banyak dan bervariasi.

    Al-Quran sendiri juga membenarkan adanya Alkitab adalah wahyu Allah. “Dan ini (Al-Qur’an) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi, membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya....” (Qs. 6:92).

    Salah satu bukti bahwa Alkitab itu wahyu Allah adalah terjadinya penggenapan nubuat. Ratusan nubuat di dalam Alkitab telah digenapi, secara spesifik dan mendetail.
    Contohnya, Nabi Daniel meramalkan pada tahun 538 SM (Kitab Nabi Daniel 9:24-27) bahwa Isa Al-Masih akan datang sebagai Juru Selamat. Nubuat ini, dengan jelas dan pasti, digenapi beberapa ratus tahun kemudian (Injil, Rasul Lukas 2:11)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan banyak cingcong disini doang lu! Sono datengin DR.Zakir Naik terus tanyain semua pertanyaan lu yang bikin gw emosi! Kalau perlu lu Video Call tuh DR.Zakir Naik biar mampus kena checkmate,banyak cingcong disini ntar pas nanya ke DR.Zakir baru tediam kan CUPU!

      Delete
    2. Zakir naik itu hny hafal alkitab yg diartikan sesuai kehendaknya sendiri,gak bener tuh,dia bicara ttg nubuatan kedatangan muhamad dlm injil,gak ada tuh,suruh baca alkitab dlm bahasa aslinya(ibrani)itupun klo dia tahu,"dunia tidak bisa melihat dia" krn yg dinubuatkan adalah ROH KUDUS yg tentu saja wujudnya roh bukan muhamad

      Delete
    3. Zakir naik itu hny hafal alkitab yg diartikan sesuai kehendaknya sendiri,gak bener tuh,dia bicara ttg nubuatan kedatangan muhamad dlm injil,gak ada tuh,suruh baca alkitab dlm bahasa aslinya(ibrani)itupun klo dia tahu,"dunia tidak bisa melihat dia" krn yg dinubuatkan adalah ROH KUDUS yg tentu saja wujudnya roh bukan muhamad

      Delete
    4. Yang jadi masalah kenapa( tuhan )lahir lewat maaf kelamin perempuan,:-P,
      Devinisi TUhan pencipta.hilang maknanya di situ...
      Alquran bersifat absolut,kenapa kitab anda mencla mencle,ada perjanjian baru dan lama..?
      Kalau saya ibarat orang mau pilih agama,dgn dalil logika sederhana saja apa yang anda yakini sudah nggak nggak masuk nominasi.
      Belum lagi ada tuhan bapak,roh kudis,,yang bener yang mana...?

      Delete
    5. Iki opo kok rame ae jawaban paling benar Tunggulah sampek Al masih datang di dunia ini untuk ke dua kalinya sebagai penghakiman ,gitu aja kok repot nanti bakal tau mana yang benar mana yang salah udah

      Delete
  53. Terhadap kutipan berikut, “Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa” (Qs 5:46).

    1. Saya pahami bahwa Kitab Injil dan Kitab Taurat adalah kitab yang berasal dari firman Allah. Al-Quran setelah difirmankan lalu ditulis dan penyusunannya dilakukan pada masa sahabat Nabi Muhammad SAW dan Allah menjanjikan kemurniannya. Saya tidak tahu mengapa Allah tidak menjanjikan kemurnian kitab sebelumnya, yang jelas Allah tidak berjanji tentang hal ini.

    2. Saya beriman dengan semua firman/kitab Allah.

    3. Sepengetahuan saya, Alkitab yang ada sekarang adalah hasil penulisan murid-murid Yesus, 30-150 tahun setelah Yesus 'diangkat'.

    4. Pertanyaan saya, apakah sama Alkitab yang diberikan Allah (Qs 5:46) dengan Alkitab yang dipakai sekarang? Sudi kiranya dijelaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama jika sejalan dgn quran, yg akan dejalan jg dgn taurat, terutama dlm hal ke-tahuid-an.

      ada petunjuk dan cahaya dsini maksudnya, wahyu Tuhan yg turun dan didokumentasikan dlm kitab merupakan petunjuk dan penerang jalan bagi yg menemukanya. Wahyu Tuhan tsb ada yg menggunakan bahasa perumpamaan (bahasa simbol) yg harus dkaji lagi maknanya (tidak harfiah), bagi yg sudah menemukan makna itu akan menjadi penerang baginya shg tidak tersesat (dlm kegelapan) saat mengikuti pentunjuk2 itu dalam rangka menemukan Tuhan nya..

      Alquran dijaga kesempurnaanya karna ayat2 quran itu turun dgn mengandung kode perhitungan yg pasti dan sempurna (sama pernah membaca penyingkapan rahasia kode tersebut)

      Delete
    2. LAKUM DIINUKUM WALIYA DIIN ..
      URUS SAJA AGAMAMU MASINGMASING ,,NIATKAN AGAMAMU UNTUK TUHAN MU ,

      BERDEBAT MENGHINA ADALAH SIFAT SETAN ,

      Delete
    3. Walah om, klo nyampein ayat yg komplit lah�� berani adu gamblang om. Bedah buku yuk om. Kita bandingin supaya jelas.tp kasian ah, ntar om ternganga lg ga bss balik. Kan repott ahha

      Delete
  54. Hanya orang2 bodoh lah,yang memperdebatkan agama. Sampai kiamat juga nggak bakal ketemu.
    Agama tuh nggak penting buatku, yg penting itu Ke-TUHAN-AN.
    Lihat sekarang, orang2 pada ngeributin agama, tapi nyatanya korupsi dianggap rejeki. Segala cara digunakan buat dapat uang.
    Silahkan di check, koruptor2 itu juga pasti mengaku BERAGAMA.
    Lantas apa hebatnya agama dibanding KETUHANAN, jika kalian lebih mengutamakan KULIT daripada ISINYA ? Atau lebih mengutamakan ARANG DAN ABU daripada API nya ?

    ReplyDelete
  55. Ini ajaran Kristen yg tdk mengakui Al-Masih sebagai Tuhan dan hanya mengakui sebagai utusan Tuhan.

    ReplyDelete
  56. Nyimak aja deh.. Udah pada pegel belom ngetiknya... Ga usah pada ribut.. Jalanin aja kepercayaan masing2 tanpa harus menjatuhkan satu sama lain. Jangan nyikut penganut kepercayaan lain. Toh nanti juga masing masing diminta pertanggung jawaban di akhirat.. "kita bakal Jadi bahan bakar api neraka apa penghuni indahnya syurga" Simple aja..

    ReplyDelete
  57. Nyimak aja deh.. Udah pada pegel belom ngetiknya... Ga usah pada ribut.. Jalanin aja kepercayaan masing2 tanpa harus menjatuhkan satu sama lain. Jangan nyikut penganut kepercayaan lain. Toh nanti juga masing masing diminta pertanggung jawaban di akhirat.. "kita bakal Jadi bahan bakar api neraka apa penghuni indahnya syurga" Simple aja..

    ReplyDelete
  58. Memang Nashrani/Kristen Othodox ini ada sebelum Nabi Muhammad.SAW, Alloh.SWT mengutus Nabi Muhammad sebagai Rosululloh.SAW untuk menyempurnakan Agama yg dibawa oleh Nabi Isa.AS. Itulah keyakinan kami sebagai Orang islam.

    ReplyDelete
  59. Agama islam dulu namanya agama tauhid. Dr sejarah musa bertemu anak soleh perawat babi. Dan agama tauhid di namai muhammad s.a.w dengan Islam. Ha el ila ha el illah ha. Lha ila ha il allah.

    ReplyDelete
  60. RAMAI DAN LUCU - LUCU,
    LIAT ORANG YANG ASBUM DAN COPAS KATA2 ORANG LAIN,,..
    TAPI ASIK KOK DI SIMAK,HAHAHA
    LANJUTKAN ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang beriman wajib mempertanggung jawabkan imannya dengan menyampaikan kebenaran ,jng cuma lihat

      Delete
    2. Setiap orang beriman wajib mempertanggung jawabkan imannya dengan menyampaikan kebenaran ,jng cuma lihat

      Delete
  61. Debat masalah keyakinan sy rasa gak akan ada yg mengalah...nama nya aja hal yg kita yakini dn imani yah jangan diperdebatkan dong....pasti bela mati matian lah. Kita ini beragama jg kebanyakan karena orang tua yg mewariskan. Tinggal cara hidup kita sesuai gak dengan ajaran agama yg kita anut. Kalo kita masih suka memusuhi orang lain/penganut agama lain/mengkafir kafirkan orang lain dn berbuat dosa; membunuh, zina, judi, fitnah, korupsi dsb dsb dsb maka percuma saja agamamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya tidak ada yg namanya agama islam,kristen,yahudi dsb. yang ada hanyalah agama allah swt yg di wahyukan melalui nabi nabinya...

      nama islam atau kristen itu hanyalah istilah agama allah swt yg turun pada masa yg berbeda.

      agama yg lama dengan yg baru itu hakikatnya sama yaitu sama sama agama samawi......yg membuatnya berbeda yaitu sering kali agama yg lama suka di rubah rubah ajarannya(alias tidak seperti aslinya),sehingga muncullah agama yg baru (islam) sebagai petunjuk atau pembenaran agama yg lama(kristen).


      kristen ortodok bukanlah agama yg baru apalagi meniru niru agama islam, kristen ortodok adalah agama ktisten murni yang ada sebelum nabi muhammad lahir....

      ingat hampir semua agama allah yg turun sebelum nabi muhammad turun itu mengajarkan sholat, namun hanya saja shalat mereka berbeda beda dgn kita...

      jadi jangan heran kalao ada ajaran agama lain yg murni trus ajarannya hampir mirip dgn islam..karena agama yg masih murni pastilah mrngajarkan sholat dan mengakui bahwa allah itu maha esa/tunggal.


      Delete
  62. bagaimana mengenai puasa nya? apakah ada buku yang menulis tentang tata cara berpuasa?

    ReplyDelete
  63. Memang Kristen Arab menyebut sembayang itu dengan kata Salat. Jadi sembayang itu sudah ada sebelum muhammad ada. Di Biara Trapist Santa Maria Rawa seneng atau pertamaan Rawa Seneng di Jawa Tengah ibadat dilakukan 7 X setiap hari antara lain:...

    03.30 : Ibadat Bacaan (Officium lectionis)
    06.00 : Ibadat Pagi (Laudes)
    08.15 : Ibadat Siang I (Tertia)
    12.00 : Ibadat Siang II (Sexta), pada hari raya/Minggu setelah Misa pk 10.00
    14.30 : Ibadat Siang III (Nona)
    17.30 : Ibadat Sore (Vesper), pada hari raya/Minggu dilanjutkan dengan Adorasi Ekaristi
    19.45 : Ibadat Penutup (Completorium)

    ReplyDelete
  64. Ass Wr Wb.

    Saya yang bodoh di mata Allah
    LAKUM DI NUKUM AJA
    Tak usah debat kusir
    Jalanilah keyakinan AGAMA kira masing2
    Bagi saya YA ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN

    ReplyDelete
  65. Ass Wr Wb.

    Saya yang bodoh di mata Allah
    LAKUM DI NUKUM AJA
    Tak usah debat kusir
    Jalanilah keyakinan AGAMA kira masing2
    Bagi saya YA ISLAM RAHMATAN LIL'ALAMIN

    ReplyDelete
  66. Maaf ya numpang nanya aja,istilah ente" tu ttg menyempurnakan tu apa? Ajaran isa di sempurnakan muhamad dng alqur'annya?,gak salah?ajaran muhamad jelas bertentangan dng ajaran lsa,coba pikir....ttg pernikahan aja salah satu contoh,menceraikan suami/istri terus menikah aja udah dikatakan berzinah,nah,muhamad ksh contoh dan ditiru orang" muslim kawin sampai 4x boleh,bukan zinah lg tuh,...moyangnya zinah namanya...itu baru 1 ,msh bnyk hal lg yg bertentangan ....payah tuh SANGASANGA...

    ReplyDelete
  67. Maaf ya numpang nanya aja,istilah ente" tu ttg menyempurnakan tu apa? Ajaran isa di sempurnakan muhamad dng alqur'annya?,gak salah?ajaran muhamad jelas bertentangan dng ajaran lsa,coba pikir....ttg pernikahan aja salah satu contoh,menceraikan suami/istri terus menikah aja udah dikatakan berzinah,nah,muhamad ksh contoh dan ditiru orang" muslim kawin sampai 4x boleh,bukan zinah lg tuh,...moyangnya zinah namanya...itu baru 1 ,msh bnyk hal lg yg bertentangan ....payah tuh SANGASANGA...

    ReplyDelete
  68. Beny nugroho tlg tunjukkan secara spesifik dimana di alkitab/injil yg mengatakan klo ada kitab yg akan menyempurnakan kitab injil,jng kata alquran!!

    ReplyDelete
  69. Beny nugroho tlg tunjukkan secara spesifik dimana di alkitab/injil yg mengatakan klo ada kitab yg akan menyempurnakan kitab injil,jng kata alquran!!

    ReplyDelete
  70. bisa jadi ini adalah ajaran yg masih asli yg di bawa oleh nabi isa...... ini gak ada hubungan nya dengan tiru meniru, karena islam percaya yahudi dan nasrani adalah agama yg di turunkan oleh ALLOH, dan solat,puasa,haji juga di ajarkan sebelum islam ada.... mungkin saja hanya gerakan yg sama persis

    ReplyDelete
  71. Sok tau banget sih semua daripada debat mending urusin agama sendiri2 aja gausah ribut ntar jadi masalah lagi.mending mendalamin agama masing2 biar makin deket sama tuhan

    ReplyDelete
  72. Lucu melihat orang bertengkar. Tapi hanya berdasar tafsir saja. Intinya begini saja, kita harus tahu "bahasa" setelah itu paham , tahu atau lebih dari itu yaitu tentang " TUHAN". Menurut saya dan mungkin banyak orang sepakat yaitu bahwa bahasa adalah dr "manusia" tidah akan sempurna untuk menjelaskan TUHAN yg sungguh Maha. Bahasa Tuhan adalah kasih kpd semua orang apapun agamanya. Kadang kita menjadi merasa lebih tahu dan mengangkat diri kita menjadi juru bicara Tuhan dan kemudian memaksakan kepada orang lain. Tidak ada bahasa yg sempurna yg dapat menjelaskan KESEMPURNAAN TUHAN. Misalnya Tuhan maha baik, ini masih kurang pas bila dibanding dgn Tuhan sungguh amat baik, lebih sempurna lg kalau mengatakan TUHAN sunggu amat maha baik , dekian seterusnya...Jadi tdk ada bahasa manusia yg sempurna , apapun bahasanya. Bahasa Tuhan adalah bahasa kasih. Dgn saling mengasihi dan saling memaafkan maka hidup dibumi seperti di surga. Penuh kedamaian tiada kebencian. SALAM damai bagi semua. Terima kasih GBU all

    ReplyDelete
  73. "aku berlindung kepada Allah atas apa yang tidak aku ketahui". Bagimu agamamu, bagiku agamaku.

    ReplyDelete
  74. “Lakukanlah shalat lail karena shalat tersebut merupakan kebiasaan orang sholih sebelum kalian. Shalat tersebut akan lebih mendekatkan diri kalian pada Rabb kalian dan juga akan menghapuskan dosa dan menjauhkan dari maksiat.” (HR. Hakim 1: 308, ia berkata sesuai syarat Bukhari).

    Makna dari kalimat "kebiasaan orang sholih sebelum kalian" artinya ada suatu kebiasaan dari kaum-kaum terdahulu yang menunaikan shalat dengan tujuan untuk menghambakan diri di hadapan Rab, namun kebiasaan bershalat kaum-kaum terdahulu ini belum di kemas dalam suatu syariat hingga turunya perintah untuk mendirikan shalat kepada Nabi Muhammad SAW.
    Jadi menurut pandangan saya wajar saja ketika kaum Yahudi maupun kaum Kristen Timur memiliki ritual dan tata cara beribadah yang terbilang hampir sama dgn umat Muslim saat ini.
    Karena sperti yg kita ketahui ada beberapa Nabi-nabi yg diutus ke masing-masing kaum oleh Allah SWT dgn tujuan agar kaum-kaum tersebut jauh dari dosa dan maksiat.

    ReplyDelete

  75. HAJI: SATU-SATUNYA WASIAT NABI IBRAHIM AS YANG TAK DISAMPAIKAN KEPADA KETURUNAN NABI ISHAK AS DAN NABI YA'KUB AS!


    Ini membuktikan bahwa tidak ada Tanah Haram (tanah suci) dan Masjidil Haram di luar dari Kota Mekah Al Mukarramah ya salah satunya karena di sini ada Ka'bah atau Baitul Haramnya. Artinya di Palestina tidak dikenal adanya tanah haram bagi Umat Muslim.


    Renungkan pesan suci ini:


    Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitul Haram) tempat berkumpul (muktamar silaturrahim) bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim (di Masjidil Haram) tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf (umrah dan haji), yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud (shalat)".

    Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikan) diantara anak cucu kami umat Muslim (yang tunduk patuh) kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat (menunaikan) ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. ﴾SQS. Al Baqarah, 2:125 dan 128﴿


    Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Masjidil Haram itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitul Haram. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. ﴾SQS. Ali Imran, 3:97﴿


    http://foto.tempo.co/read/beritafoto/44953/suasana-jamaah-haji-saat-melakukan-tawaf-di-depan-kakbah

    http://news.detik.com/infografis/3289206/lontar-jumrah-dan-pergerakan-saat-armina

    http://www.beritaislam24h.com/2016/08/inilah-gambaran-rencana-besar-zionis.html

    ReplyDelete
  76. Itu mungkin aja ibadahnya jaman nabi isa. Tapi sepeninggalan beliau diwasiatkan ada nabi berikutnya untuk di anut, sebagai penutup nabi. Kenapa umatnya pada gak nurut ama nabinya ya?

    ReplyDelete
  77. Itu mungkin aja ibadahnya jaman nabi isa. Tapi sepeninggalan beliau diwasiatkan ada nabi berikutnya untuk di anut, sebagai penutup nabi. Kenapa umatnya pada gak nurut ama nabinya ya?

    ReplyDelete
  78. Ada kaya gitu aq mau istighfar aja....
    ashadualailahaillallah waashaduanamohamaddarrasulallah
    .........

    ReplyDelete
  79. Tidak perlu lah kalian membandingkan agama kalian dengan agama orang lain. Perdalam dan pahami saja agama masing masing. Kalau sudah paham semua juga akan berpikir itu fakta atau bullshit. Ingatlah bahwa manusia hidup diberikan Akal sehat dan pikirian. Gunakanlah apa yg udah di berikan. Jangan ikutin guru guru kalian, ustadz kalian, pendeta kalian, majelis atau apapun lah yang berusaha mendoktrin orang lain. Berpegang teguh aja sama kitab masing masing dan pahami isinya, kalau sudah mantab semua juga akan ketahuan kebenarannya. Islam di berikan Kita Al Quran (Bukan Hadist!) jadi ikuti Al Quran aja dulu, pahami isinya dan petunjuk Allah itu selalu ada setiap hari setiap saat. Petunjuk itu bukan Hadist hadist itu sunnah dan menurut saya pribadi yang ga ada apa apanya ini dimata Allah hadist sendiri pun dibuat oleh manusia yang (Katanya) itu perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad. Untuk kristen pun juga diberika Kitab Injil, Allah Menurunkan kitab Injil kepada yesus dan menurut umat kristen yesus adalah juru selamat, so pelajari aja dalam dalam kitab Injil. Bukan ikuti kata paulus, pastur, pendeta atau apalah. Pelajari aja kitabnya, manusia dilahirkan kebumi di berikan akal sehat. Jadi jangan pada saling mencela agama lain ya :)

    ReplyDelete
  80. semoga allah memafkan dosa dosa para kafir yang tidak meyakini agama islam.
    ALLAHU AKBAR !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  81. Seluruh Nabi dan Rasul semuanya muslim...
    Semoga mereka/Saudara2 kita itu dapat hidayah / taufik dari Allah SWT... sadar .

    ReplyDelete
  82. Seluruh Nabi dan Rasul semuanya muslim...
    Semoga mereka/Saudara2 kita itu dapat hidayah / taufik dari Allah SWT... sadar .

    ReplyDelete
  83. Kayaknya sdh jelas .... itulah mengapa ada surga dan neraka...
    Surga untuk yang taat pada Penciptanya
    Neraka untuk yang ingkar pada Penciptanya

    ReplyDelete
  84. Dan ini pernyataan umum... mestinya bisa di terima oleh semua pihak....

    ReplyDelete
  85. Mau percaya boleh...tidak percaya juga monggo... Semua sudah ditentukan takdirnya.... masuk neraka atau masuk surga.....

    ReplyDelete
  86. Jadi klu menurut saya tinggal pilih kok... mau neraka apa surga

    ReplyDelete
  87. Jadi nggak perlu debat yang nggak ada akhirnya.... Akan tetapi kalu mau cari kebenaran... ya monggo dengan pikiran yang jernih dan hati yang terbuka siap menerima kebenaran

    ReplyDelete
  88. Manusia sekelas nabi saja tidak mampu merubah keyakinan pada seseorang yang memang oleh Tuhan tidak dikehendaki untuk beriman....apalagi manusia biasa seperti kita ... Dan yang perlu kita garis bawahi... kita hanya wajib menyampaikan yang menurut keyakinan kita benar..... itu saja. Selanjutnya ada kuasa yang maha besar yang menentukan....

    ReplyDelete
  89. Gini kalo tuhan itu dilahirkan, apa bedanya dengan mahluk?
    Ada gak dalam injil yang menyatakan bahwa yesus itu tuhan?
    Katanya tuhan itu ada tuhan bapa,bunda maria,yesus,dan allah,nah kalo banyak kaya gitu yang mana yang harus disembah?

    ReplyDelete
  90. Gereja Ortodoks Syria merupakan salah satu gereja awal yang masih ada sampai sekarang

    ReplyDelete
  91. nyimak aja ah,karena yang ngerti mah enggak bayank ngomong,alus keneh ku prak na dr pada ku ngomong na mah

    ReplyDelete
  92. Yg coment orang pintar semua ambil hikmah nya aku muslim semangkin yakin aku bahwa agamaku islam agama yg di sempurnakan dari agama2 sebelum nya karena aku pun yakin kristen ortodok yg lahir sebelum islam pun merupakan agama yg di berkahi allah dan belum sempurna sampai ajaran islam lah yg menyempurnakan nya allah hu akbar.

    ReplyDelete
  93. Di ponpes saja biar gak ketipu kristen ortodoks

    ReplyDelete
  94. Kristen ortodox itu ajaran yg benar mengikuti perintah yesus utk hny menyembah Allah n mengakui yesus hanyalah seorang rasul, sdg kristen katolik itu tlh menyimpang jauh dr ajaran yesus dgn menyatakan yesus itu putra Tuhan mengikuti kelakuan yahudi yg menyimpang jauh dgn menyebut uzair itu putra Tuhan
    Oleh krn byk penyimpangan2 tsb maka Allah menurunkan Al-Quran utk meluruskan semua itu dgn menjaga keasliannya hingga akhir zaman.

    ReplyDelete
  95. Semoga ini bisa menambah wawasan, kalo yang gak setuju, ya silahkeun.
    Kita manusia diberikan kebebasan kok untuk memilih, dan setiap pilihan, memiliki konsekuensi masing2..
    Mohon maaf sebelumnya, saya akan mencoba menjawab sesuai beberapa pertanyaan sahabat2 disini..
    Knapa Kristen??
    Karna Kristen percaya, Surga itu MAHA SUCI, jadi tidak ada setitik "dosa"pun yang bisa masuk ke dalam Nya..
    Artinya, walopun seorang manusia seumur hidupnya berbuat kebaikan, belum tentu ketika beliau meninggal, diizinkan masuk Surga..Kenapa? karna manusia pertama Adam telah dikutuk akibat pelanggarannya, sehingga kita yaitu keturunannya, juga terkena dampak kutukan itu(artinya: tubuh daging manusia masih menyimpan kutuk turunan dari Adam..sehingga tidak bisa masuk Surga, walo sebaik apapun beliau..)BUKTINYA apa kutuk Adam menurun kepada kita sampai sekarang? buktinya, kita manusia pasti akan mati, sesuai kutukan ALLAH terhadap Adam dan keturunannya..NAH, karna ALLAH SWT juga Maha Adil, maka karna dosa awal dilakukan oleh manusia, maka yang "membersihkan" kutukan itu pun harus lah seorang manusia juga, namun karna tidak ada 1manusiapun, yang masih suci, yang Bisa menjadi "tumbal" membersihkan dosa Adam, maka ALLAH menuzulkan KhalimahNYA(FirmanNYA)yang adalah bagian dari Zat ALLAH SWT itu sendiri, untuk menjadi manusia (Sayidinna Isa Almasih), yang akan menjadi tumbal sebagai "pembersih" kutuk dosa..sehingga dengan demikian, ALLAH SWT tidak melanggar kodrat ZatNYA yang memang MAHA ADIL untuk seluruh ciptaanNYA..
    Dengan begitupun, maka "jalan" pulang menuju Surga yang sempat "hancur" karna ulah Adam, maka dengan matinya Sayidinna Isa Almasih secara ikhlas dan rela menjadi tumbal karna perbuatan manusia lain, maka "jalan" yang telah hancur itupun menjadi bagus kembali, sehingga setiap manusia yang percaya kepada pengorbanan akan kematianNYA, lalu mau dibaptis, serta melakukan semua perintah2NYA, maka kelak manusia itu akan dituntun dan dibela olehNYA ketika pengadilan akhir zaman kelak tiba, untuk tinggal di dalam SurgaNYA yang Maha Indah dan Kekal..AMIN YRA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju kali Anda bilang bahwa Al masih adalah jalan kebenaran tapi yang saya tidak setuju pengikutnya, karena hanya mengagungkan Al masih itu sendiri tanpa pernah mengikuti ajarannya......dan Al masih tidak/bukan tumbal, emg dy abis ngepet pake tumbal........Al masih tetep hidup sampai sekarang hingga nanti di akhir zaman dy diturunkan lg oleh Allah untuk mengkonfirmasi tentang dy dan kebenaran ajaran nabi Muhammad serta tidak mengakui semua yg anda sebut sebagai pengikut ajaran Al masih, karena sesungguhnya yg benar benar mengikuti ajaran Al masih adalah mereka yg mengikuti ajaran Baginda nabi besar Muhammad SAW.

      Delete
    2. Saya setuju kali Anda bilang bahwa Al masih adalah jalan kebenaran tapi yang saya tidak setuju pengikutnya, karena hanya mengagungkan Al masih itu sendiri tanpa pernah mengikuti ajarannya......dan Al masih tidak/bukan tumbal, emg dy abis ngepet pake tumbal........Al masih tetep hidup sampai sekarang hingga nanti di akhir zaman dy diturunkan lg oleh Allah untuk mengkonfirmasi tentang dy dan kebenaran ajaran nabi Muhammad serta tidak mengakui semua yg anda sebut sebagai pengikut ajaran Al masih, karena sesungguhnya yg benar benar mengikuti ajaran Al masih adalah mereka yg mengikuti ajaran Baginda nabi besar Muhammad SAW.

      Delete
  96. Yg diatas gw lgi ndongeng..
    Haha...
    Belajar lg injilnya mbak jgan iya iya aja apa kata pendeta.
    Pelajari pahami jngan menghayal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo maksud anda "yg diatas saya" itu saya , bagian mana yg anda rasa dongeng? nanti saya jelaskan..

      Delete
    2. Satu lagi........tidak lah terlihat bodohnya seseorang kecuali sudah bercakap cakap.....hahahaha

      Delete
  97. Praktek menyembah dengan cara ibadah khusus memang diajarkan nabi2. Kristen orthodok syria ini tidak terlalu menyimpang dibandingkan katholik dan protestan. Nabi muhammad menerima perintah shalat 5 waktu dari allah set pda waktu perjalanan ke sidratul muntaha. Dalam perjalanannya itu pun diceritakan nabi muhammad saw bertemu nabi2 terdahulu termasuk isa almasih yg sedang shalat. Jadi memang praktik ibadah shalat sudah pernah diajarkan. Perbedaannya KOS tidak mengakui nabi muhammad saw sebagai roh kebenaran.

    ReplyDelete
  98. Nyimak aja mas/mbak,,menambah wawasan dan semoga ini mempertebal keimanan sya kepada ALLAH SWT,sya gak bisa ikut komen yg macem" karena ilmu sya ttg islam masih dibilang dangkal,,dan sya tidak mempunyai hak untuk memvonis agama siapa yg benar dan agama siapa yg salah,namun sya meyakini agama yg sya anut dri lahir adlah agama yg benar.. :)

    ReplyDelete
  99. hadeh udah gini aja gek perlu debatin islam yg bener atw katolik yg bener atw apalah intinya kita di dunia tujuanya sama kan mau jd manusia yg baij dan jika mati pgnya di surga..sbnrnya kita itu sama punya tuhan tp cara kita beribadah itu berbeda..buat apa debatin agana orang lain lebih baik bersembayang menurut agama masing masing dan slalu berbuat baik..wes gampang to bro ra usah debat. :D

    ReplyDelete
  100. hadeh udah gini aja gek perlu debatin islam yg bener atw katolik yg bener atw apalah intinya kita di dunia tujuanya sama kan mau jd manusia yg baij dan jika mati pgnya di surga..sbnrnya kita itu sama punya tuhan tp cara kita beribadah itu berbeda..buat apa debatin agana orang lain lebih baik bersembayang menurut agama masing masing dan slalu berbuat baik..wes gampang to bro ra usah debat. :D

    ReplyDelete
  101. Kaya anak kecil aja ngeributin kaya giniian.Bagimu agamamu bagiku agamaku,udah gitu aja biar ga ribut

    ReplyDelete
  102. قُلْ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْكَٰفِرُونَ ﴿١﴾ لَآ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَآ أَنتُمْ عَٰبِدُونَ مَآ أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ ﴿٦

    ReplyDelete
  103. Katakanlah: "Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku." (QS. Al-Kaafiruun : 1-6)
    Tidak ada keraguan karena Al quran dari dulu sampe sekarang menggunakan bahasa yg sama dan dibaca dengan lafal yang sama diseluruh dunia tidak memandang suku darimana,itu bukti bahwa al quran wahyu Allah
    Terimakasih

    ReplyDelete
  104. gk usah di mulai lagi lah
    uda damai ni
    #ann

    ReplyDelete

 
Copyright © . # - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger