Saturday, July 5, 2014

Doa Yang Dianjurkan Di Bulan Ramadhan

Kata ‘Ramadhan Karim’ sering diucapkan masyarakat Arab sebagai penghormatan atas datangnya bulan Ramadhan, bulan penuh rahmat dan ampunan. Bulan Ramadhan dijuluki Karim karena bulan ini adalah bulan yang istimewa dan menyimpan banyak anugrah Allah yang dihususkan bagi umat Nabi Muhammad Saw, berupa terbuka luasnya pintu taubat dan ampunan serta di lipatgandakannya pahala-pahala kebaikan, disamping rahasia agung yang tersimpan dalam Lailatul qadar-Nya.

Jika seseorang diberi kehormatan oleh orang lain dengan ucapan ‘Ramadhan Karim’ maka hendaknya orang tersebut membalasnya dengan ucapan ‘ Allahu Akram’ -Allah maha dermawan/pemurah-. Jawaban ini patut diucapkan agar kita sadar bahwa Allah adalah dzat yang maha pemurah lagi maha darmawan atas segala anugrah yang tak terhitung selama kita hidup di dunia.

Kata ‘Karim’ yang memiliki arti darmawan dan maha pemberi ampunan seringkali diucapkan dalam doa disaat menjelang adzan magrib dan setelah sholat tarawih. Hal ini telah menjadi sebuah tradisi baik yang patut dilestarikan tidak melulu pada bulan Ramadhan, tapi disetiap waktu, baik pagi, siang, sore maupun malam.

Doa yang sangat dianjurkan oleh Nabi terkait rahasia dibalik makna ‘Karim’ adalah sebagai berikut:

Allahumma Innaka Afuwwun Karim Tuhibbul Afwa Fa’fuanna Ya Karim.

Sering-seringlah berdoa dengan doa ini, khususnya di bulan suci Ramadhan. Semoga segala dosa dan khilaf kita diampuni Allah, sehingga kelak kita termasuk golngan orang yang benar-benar kembali fitrah. Amin

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . # - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger