60 Sahabat Nabi : Sebuah Pengantar


Pertama kali saya membaca buku buah karya Khalid Muhammad Khalid ini sewaktu masih duduk di bangku SMA, sekitar tahun 90-an. Ketika itu, saya mendapati buku ini tercecer di rak bagian buku-buku agama di perpustakaan daerah. Saya memang suka membaca, apalagi jika itu novel, biografi atau sejarah. Langsung saja buku itu saya pinjam. Isinya sangat menarik. Menceritakan karakteristik perihidup 60 sahabat nabi. Didalamnya saya dapati beberapa kisah sahabat nabi, yang namanya mungkin terasa asing bagi saya yang sekolah di madrasah, dan mendapatkan pendidikan agama islam yang memadai. Tak cuma sekedar cerita biografi, buku ini juga memuat kisah-kisah inspiratif dari para sahabat nabi tersebut. Hingga membuat saya tak bosan membacanya berulang kali, sampai saat ini.

20 tahun kemudian, entah mengapa saya teringat judul buku tersebut. Timbul keinginan untuk mencari buku tersebut. Saya ubek-ubek Gramedia, dan beberapa toko buku lainnya, nihil. Bahkan di pasar buku bekas pun tak ada. Hingga saya mulai mencarinya secara online. Waktu itu, saya lupa judul lengkapnya, hanya ingat nama penerbitnya saja, yakni CV Diponegoro Bandung. Alhamdulillah, lewat sebuah forum jual beli online, saya bisa mendapatkan buku tersebut, bersama satu lagi buah karya Khalid Muhammad Khalid yang berjudul “Karakteristik Perihidup Khalifah Rosullullah”. Yang saya dapatkan adalah buku cetakan XX tahun 2006. Sementara itu, ternyata ada versi lain, dengan penerbit Al Itishom, dengan judul “60 Sirah Sahabat Rasullullah”, dengan cetakan pertama tahun 2001.

Maksud dari tulisan ini hanyalah sekedar berbagi pengetahuan, yang semoga saja berguna. Dan semoga saja tidak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta karena mempublish tulisan orang lain tanpa ijin. Apakah tulisan ini merugikan pengarangnya atau penerbit bukunya? Hanya Allah yang Maha Tahu. Tapi saya berharap, siapa saja yang membaca tulisan ini, tertarik untuk membeli buku mahakarya Khalid Muhammad Khalid ini. Anggaplah saya mempromosikan buku ini. Dan bagi anda yang membaca tulisan ini, saran saya belilah bukunya, baik untuk koleksi pribadi, atau untuk disumbangkan ke perpustakaan-perpustakaan masjid atau umum.

Barokallohu fiik...

60 Sahabat Nabi : Sebuah Pengantar 60 Sahabat Nabi : Sebuah Pengantar Reviewed by Himam Miladi on April 12, 2014 Rating: 5

1 comment:

  1. Iya saya juga cari dengan karakteristik yang sama, sekiranya bisa dapat dimana ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar di artikel ini

Powered by Blogger.