Saturday, October 15, 2016

Berburu Sunrise di Pantai Matahari Terbit

Jarum jam menunjukkan pukul 05.15 WITA ketika motor yang saya kendarai menyusuri jalan raya Puputan. Tujuannya, adalah memburu sunrise (matahari terbit) di salah satu spot terbaik di Bali, yakni Pantai Matahari Terbit. Suasana jalan masih remang-remang gelap, tak banyak kendaraan yang melaju.

Dari Puputan ke Pantai Matahari terbit, saya hanya memerlukan waktu tak kurang dari 10 menit, terlebih karena jalanan masih lengang. Pantai Matahari Terbit, yang terletak di sisi utara pantai Sanur merupakan spot terbaik dan favorit para pemburu foto pemandangan sunrise. Dari pantai yang menghadap langsung lautan lepas arah timur, kita bisa menyaksikan kemunculan sang Surya di ufuk timur, tepat di belakang pulau Nusa Lembongan yang tampak dari kejauhan. Untuk masuk di kawasan pantai Matahari Terbit, anda cukup membayar retribusi 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk yang membawa mobil. 

Pagi itu, saya rupanya datang lebih awal. Belum nampak kerumunan para pemburu sunrise lainnya. Namun, sudah terlihat beberapa rombongan pemancing yang hendak berangkat memancing di laut lepas. Mereka biasanya menyewa jukung atau perahu-perahu yang sudah tersedia. Sepanjang pantai Sanur, termasuk juga pantai Matahari terbit ini adalah pintu keberangkatan bagi mereka yang hendak menyeberang ke Nusa Lembongan.

Setelah mengambil tempat yang baik, saya pun menunggu kemunculan sang Surya. Perlahan, semburat jingga nampak di ufuk timur. Ketika saya lihat berkeliling, rupanya Pantai sudah mulai ramai oleh para pemburu sunrise. Mereka pun berpencar, mengambil posisi favorit untuk mengambil pemandangan sunrise seindah mungkin. Tripod-tripod mulai ditegakkan, kamera diatur fokus dan pencahayaannya.





Dan tak lama kemudian, benda angkasa raksasa yang dinanti pun muncul juga. Sayang, ada sedikit bercak mendung di angkasa yang menghalangi sinar lembayung milik sang Surya. Meski begitu, tak menghalangi keindahan pemandangan yang tercipta dari Tangan Sang Kuasa ini. Matahari, muncul perlahan tepat di belakang pulau Nusa Lembongan. Waktu kemunculan, yang biasanya membentuk pemandangan sunrise terindah, hanya sekitar 5 menit saja. 



Setelah itu, sinar sang Surya akan merekah semakin lebar dan menyilaukan. Meski begitu, pagi ini sinar Surya masih bisa dinikmati sedikit lebih lama karena adanya awan mendung yang berpencar.



0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © . # - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger