Jangan Cemas, Allah Menjawab Semua Keluhanmu

 

Apa pun keluhanmu, Allah punya jawabannya. Jangan putus asa (unsplash.com)


Aku selalu bertanya: Mengapa aku selalu Engkau uji?

Allah menjawab: “Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan saja berkata, 'Kami telah beriman', dan bahwa mereka tidak akan diuji? Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, dan sesungguhnya Allah mengetahui yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” Surah Al-Ankabuut [29:2-3]


Aku selalu bertanya: Ya Allah, mengapa aku tidak pernah mendapatkan apa yang kuinginkan?

Allah menjawab: “Bisa jadi kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu, dan kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu. Tetapi Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” Surah Al-Baqarah [2:216]


Aku selalu bertanya: Mengapa Engkau membebaniku dengan cara ini?

Allah menjawab: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapatkan pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” Surah Al-Baqarah [2:286]

Allah juga menjawab: “Maka sesungguhnya, bersama setiap kesulitan ada kemudahan: (berulang) Sesungguhnya, bersama setiap kesulitan ada kemudahan.” Surah Al-Insyirah [94:5-6]


Aku selalu mengeluh: Ya Allah, sepertinya aku sudah kehilangan harapan.

Allah menjawab: “Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati…” Surah Al-Imran [3:139]


Lalu aku pun bertanya: Terus, bagaimana aku bisa menghadapinya?

Allah menjawab: “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranamu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” Surah Al-Imran [3:200]

Allah juga menjawab: “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” Surah Al-Baqarah [2:45]


Aku pun bertanya: Apa yang akan kudapatkan bila aku bersabar?

Allah menjawab: “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka (sebagai gantinya) dengan itu mereka mendapatkan surga…” Surah At-Taubah [9:111]


Aku bertanya lagi: Kepada siapa aku dapat bergantung?

Allah menjawab: "Katakanlah: Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain dia. Hanya kepadanya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung." Surah At-Taubah [9:129]


"Tapi aku sudah tidak tahan lagi dengan semua ujian yang Engkau berikan!"

Allah menjawab: “…dan jangan pernah putus asa dari Rahmat Allah; Sungguh tidak ada seorang pun yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali orang-orang yang tidak beriman.” Surah Yusuf [12:87]

Allah juga menjawab “....jangan putus asa dari rahmat Allah: Sesungguhnya Allah mengampuni segala dosa karena Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Surah Az-Zumar [39:53]

Jangan Cemas, Allah Menjawab Semua Keluhanmu Jangan Cemas, Allah Menjawab Semua Keluhanmu Reviewed by Himam Miladi on June 30, 2021 Rating: 5

No comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar di artikel ini

Powered by Blogger.